Monday, September 15, 2008

Tambah mall = tambah macet?

Jawabnya: Jelas.

Di cimahi ini sedang bermunculan mall-mall dan tempat perbelanjaan yang baru. Superindo, Mall Cimahi, Yogya... Yang paling parah membawa kemacetan adalah Yogya. Entah karena momentnya pas lagi bulan puasa, atau karena orang Cimahi terlalu antusias dengan dibukanya pusat perbelanjaan ini sehingga menimbulkan macet luar biasa di jalanan sekitarnya. Bukan cuma di jalan raya yang melalui Yogya, tapi sampai ke daerah jalan-jalan alternatif yang biasanya sepi.... Hampir semua orang yang tidak berkepentingan dengan Yogya berfikiran sama: menghindari jalan raya di depan Yogya dan lari ke jalan alternatif. Hasilnya? Selain jalan raya yang macet semacet-macetnya, jalan alternatif yang ga siap untuk menampung kendaraan sebanyak itu juga jadi ikut-ikutan macet.

Sekarang ada lagi pusat perbelanjaan baru yang akan dibangun di deket kantor gue. Namanya: Padalarang Town Square. Wow. Ada senang dan nggaknya sih.. Senengnya: Akhirnya daerah kantor gue tersentuh peradaban juga (huehehe kesannya di kampung banget), jadi kalo mo makan siang ato sekedar jalan-jalan ke mall ga perlu jauh-jauh ke Bandung... Tapi ga senengnya, jalanan ke kantor sudah bisa dipastikan bakalan macet tiap hari! Abis gimana, jangankan ada mall, ini ga ada apa-apa aja suka tiba-tiba macet . Kayak tadi pagi, waktu g di jalan habis cuma karena ada macet yang ga jelas penyebabnya apa. Waktu g sampai ke ujung macet, ga ada apa-apa.. cuma seorang polisi yang berdiri di tengah jalan untuk mengatur lalu lintas! Garing ga sih....???

Harusnya pemerintah kota Cimahi 
/ Bandung Barat ni mikir donk... kalo mo nambah-nambah mall/pusat perbelanjaan ini mbok ya ditambah juga fasilitas jalan. Bebasin kek tanah buat gedein jalan, atau bikin jalan alternatif biar ga macet kayak gitu. Lah, kalo ga sanggup buat melakukan itu semua ya ga usah kasih ijin buat bikin mall sekalian! Jangan pengen enaknya sendiri.. nambah uang masuk tapi ga mau nambah fasilitas buat masyarakat. 

Pas lagi kena macet tadi g jadi berfikir buat pake sepeda aja lah ke kantor, daripada kena macet gini tiap hari bikin stress.. toh jaraknya juga ga jauh-jauh banget.. cuma 8 kilo. Tapi yang jadi masalah: G lom lancar naik sepeda... gimana donk? :P

No comments: